6 Manfaat Mempelajari Ilmu Filsafat Bagi Kehidupan Manusia

FirasatMimpi.com – 6 Manfaat Mempelajari Ilmu Filsafat Bagi Kehidupan Manusia

Banyak sekali orang yang belum memahami apa itu filsafat. Filsafat kerap disebut sebagai ibu dari ilmu pengetahuan karena filsafat banyak sekali membahas tentang kehidupan, etika, moral dan Tuhan.

Definisi filsafat adalah sebuah cabang studi yang mempelajari tentang fenomena-fenomena yang ada di kehidupan ini. Arti filsafat adalah sebuah ilmu yang berusaha mencari sebab dari suatu hal secara mendalam dan buah pemikiran diambil dari hasil pemikiran yang sangat dalam dan kritis.

Filsafat dipelajari tidak dengan cara melakukan berbagai macam percobaan atau eksperimen melainkan melalui pemikiran yang mendalam, perenungan dan argumentasi-argumentasi yang merujuk pada solusi untuk suatu masalah. Dalam proses mempelajari filsafat sangat diperlukan kemampuan berpikir yang kritis, kemampuan berlogika yang baik serta kemampuan berbahasa yang baik pula.

Kemampuan berlogika sendiri sudah jamak dipelajari oleh orang-orang melalui mata pendidikan matematika. Oleh karena itu mempelajari filsafat terkadang juga memberikan hasil yang eksak seperti saat mempelajari matematika. Namun tetap diiringi oleh ciri khas filsafat, yakni spekulasi, keraguan dan ketertarikan.

Mempelajari filsafat adalah sesuatu yang menyenangkan, mengingat buah dari ilmu filsafat adalah kemampuan berlogika yang tinggi. Hal ini sangat baik untuk menghadapi setiap persoalan hidup yang ada.

Mempelajari filsafat sangatlah penting bagi kehidupan. Karena dengan mempelajari filsafat maka pola pikir seseorang akan menjadi lebih terbuka dan lebih menggunakan akal secara optimal. Orang yang mempelajari filsafat juga bisa berpikir lebih jernih daripada orang lain.

Tindakan-tindakan dari orang yang memiliki pendidikan filsafat yang baik akan lebih bijaksana dan memiliki dampak yang lebih baik bagi banyak orang.

3 Jenis Filsafat

Jenis Filsafat

via irmansiswanto.cf

Filsafat yang kini dipelajari di banyak perguruan tinggi adalah filsafat-filsafat yang berasal dari dunia barat dan timur. Dewasa ini filsafat sendiri bisa dibagi ke dalam 2 kelompok besar yakni filsafat berdasar latar belakang geografis dan latar belakang agama.

Baca Juga  5 Manfaat Creatine Bagi Tubuh dan Efek Sampingnya

Filsafat dengan latar belakang geografis dibedakan menjadi beberapa jenis, yakni filsafat barat, filsafat timur dan juga filsafat Timur Tengah. Sedang filsafat berdasar agama dibagi menjadi beberapa jenis, antara lain filsafat kristen, filsafat islam dan filsafat Buddha.

Berikut ini penjelasan singkat dari beberapa aliran filsafat populer:

  • Filsafat Barat

Filsafat barat adalah ilmu filsafat yang banyak dipelajari di dunia barat, terutama daratan Eropa. Filsafat ini berkembang dari aliran filsafat para filsuf Yunani kuno seperti Plato, Aristoteles, Immanuel Kant, Karl Marx dan lain sebagainya.

Pembahasan filsafat barat lebih menyangkut pada bahasan tentang kebijaksanaan dan alam.

  • Filsafat Timur

Filsafat timur adalah ilmu filsafat yang banyak berkembang di daratan Asia terutama di India dan China. Filsafat timur sangat erat kaitannya dengan agama dan Tuhan.

Beberapa filsuf terkenal dari timur adalah Siddharta Gautama (Buddha), Lao Tse, Konfusius (Kong Hu Chu), dan lain sebagainya.

  • Filsafat Timur Tengah

Filsafat Timur Tengah adalah aliran filsafat yang berkembang di banyak negara islam di Timur Tengah seperti Arab Saudi, Turki dan Iran. Bahasan dari filsafat Timur Tengah hampir sama dengan bahasan filsafat barat karena mendapatkan pengaruh dari aliran filsafat Yunani kuno.

Beberapa filsuf terkenal dari Timur Tengah antara lain Ibnu Sina, Kahlil Gibran, dan lain sebagainya.

Apa Saja Manfaat Mempelajari Ilmu Filsafat?

Manfaat Filsafat

via eurekapendidikan.com

  1. Dapat Melihat Dunia dari Sudut Pandang yang Berbeda

Ilmu filsafat dipelajari untuk mendapatkan banyak hal, dan salah satu yang paling penting adalah membuat individu menjadi lebih berani untuk melihat dunia dari sudut pandang yang berbeda dari orang lain. Mempelajari filsafat memang akan membuat orang menjadi berpikir secara lebih luas dan radikal.

Baca Juga  Kumpulan Doa Untuk Mimpi Buruk Menurut Islam

Filsafat akan membentuk pikiran menjadi lebih terbuka sehingga bisa melihat suatu hal tidak hanya dari permukaannya saja melainkan juga dari sisi terdalam yang tidak banyak orang melihatnya.

Dengan mempelajari filsafat pula seseorang dapat lebih mengenal dunia dan dirinya sendiri. Banyak pertanyaan-pertanyaan mendasar yang sering dipertanyakan dapat terjawab setelah mempelajari ilmu filsafat. Hati dan pikiran akan lebih berkembang setelah mempelajari filsafat secara mendalam.

  1. Mengasah Hati dan Pikiran

Setelah mempelajari filsafat secara serius dan mendalam maka ada satu manfaat yang akan didapatkan yakni hati dan pikiran yang terasah. Dengan begini segala pertanyaan yang ditemui dapat terjawab dengan lebih berlogika, sesuai dengan moral dan nalar.

Hati dan pikiran yang terasah akan membuat seseorang tidak akan menerima sesuatu tanpa mengerti arti dari pemberian tersebut terlebih dahulu.

Mereka akan mencari tahu makna dan tujuan dari pemberian tersebut terlebih dahulu. Hal ini termasuk informasi yang diterima, orang tersebut tidak akan menerima dan menelan informasi secara mentah-mentah namun akan mencari kebenaran dari informasi tersebut terlebih dahulu.

Seseorang seperti ini tidak mudah terprovokasi dan memiliki pikiran yang lebih tenang.

  1. Membuat Pola Pikir Lebih Bijaksana

Masih berhubungan dengan poin di atas, orang yang gemar mempelajari filsafat akan memiliki pola pikir yang lebih bijaksana karena dapat melihat suatu hal secara objektif.

Seseorang yang melihat sesuatu dari sudut pandang objektif pasti memiliki kebijaksanaan yang tinggi karena bisa menekan ego dan kehendaknya sendiri.

Kebijaksanaan inilah yang menjadi buah dari pembelajaran filsafat secara mendalam.

Setelah memiliki pola pikir yang bijaksana, seseorang akan mengalami banyak kemudahan dalam hidupnya. Mereka akan terhindar dari kehidupan yang penuh dengan keluhan dan kesedihan.

Baca Juga  7 Manfaat Oksigen Bagi Keberlangsungan Hidup - Sifat Kimia & Definisi

Setiap hal akan mereka lihat dari dua sisi yang berbeda dan itulah yang membuat mereka menjadi orang bijak.

  1. Membuka Pikiran

Manfaat filsafat yang berikutnya adalah untuk membuka pikiran. Tidak semua orang berani mempelajari filsafat karena banyaknya bahasan yang membuat orang-orang menjadi tertantang untuk mengkaji ulang sesuatu yang telah dipercaya sebelumnya.

Jika orang tersebut tidak memiliki pikiran yang terbuka maka filsafat tidak akan bisa dipelajari dengan baik karena mereka masih terkurung dalam pola pikir lama yang tertutup.

Sebelum mulai mempelajari filsafat lebih baik untuk bertanya pada diri sendiri terlebih dahulu, sudah siapkah untuk membuka pikiran untuk sesuatu yang baru?

  1. Memahami Intisari Kehidupan

Intisari kehidupan atau esensi dari kehidupan adalah sesuatu yang banyak dipertanyakan oleh banyak orang, dan bisa dibilang hingga saat ini belum ada yang bisa menjawabnya dengan benar. Hal ini dikarenakan setiap orang memiliki cara pandangnya sendiri terhadap intisari dari kehidupan tersebut.

Cara termudah untuk mengetahui intisari dari kehidupan adalah dengan mempelajari filsafat secara tekun.

Di dalam ilmu filsafat banyak sekali pembahasan mengenai intisari kehidupan yang mungkin sedikit menggambarkan intisari dari kehidupan yang sejati.

  1. Mengajarkan Etika dan Moral

Salah satu hal yang dipelajari dari ilmu filsafat adalah pelajaran mengenai etika dan moral. Orang yang gemar berfilsafat pastilah memiliki etika dan moral yang baik dan dapat dicontoh oleh banyak orang.

Etika dan moral adalah salah satu pokok bahasan dari ilmu filsafat terutama filsafat barat. Ilmu filsafat barat banyak sekali membahas mengenai etika dan moral yang diambil dari filsuf-filsuf Yunani kuno.

***

Demikianlah artikelĀ 6 Manfaat Mempelajari Ilmu Filsafat Bagi Kehidupan Manusia dari FirasatMimpi.com; jangan sungkan untuk bertanya atau meninggalkan komentar.

Sumber:

loading...

Leave a Reply