7 Manfaat Daun Peterseli dan Kandungannya

FirasatMimpi.com – 7 Manfaat Daun Peterseli dan Kandungannya

Daun peterseli adalah sejenis daun yang biasa dimanfaatkan sebagai pelengkap atau penghias makanan. Selain sebagai hiasan makanan ternyata daun peterseli memiliki banyak manfaat tersembunyi lainnya.

Tetapi sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya untuk mengetahui apa itu peterseli dan juga kandungan dari peterseli itu sendiri.

Apa itu Daun Peterseli?

Peterseli adalah tanaman berwarna hijau yang biasa dimanfaatkan daunnya untuk bahan pelengkap masakan dan juga dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal.

Banyak orang yang mengira bahwa peterseli, seledri dan daun ketumbar adalah tumbuhan yang sama. Ketiga tumbuhan ini memang memiliki bentuk yang hampir sama namun ketiganya adalah tumbuhan yang berbeda.

Daun ketumbar lebih mudah dibedakan dari peterseli dan seledri karena bentuknya yang sedikit berbeda dari keduanya. Daun seledri juga memiliki warna yang lebih terang.

Sedangkan daun peterseli dan seledri sedikit lebih sulit dibedakan. Keduanya memiliki bentuk daun yang hampir sama, berbentuk lancip dan berwarna hijau tua.

Perbedaan mendasar dari keduanya adalah pada batangnya, batang seledri lebih halus dan berbentuk bulat. Sedangkan batang peterseli berbentuk seperti gerigi.

Dari sini bisa dibedakan dengan jelas yang mana daun peterseli, seledri dan juga daun ketumbar.

Apa Saja Kandungan Senyawa Daun Peterseli?

Kandungan Daun Petersili

via bienestarvalencia.com

Peterseli memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak dan bermanfaat bagi tubuh. Dengan mengonsumsi daun peterseli secara rutin maka tubuh akan terasa lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit yang dapat menyerang.

Adapun kandungan dari peterseli adalah energi, karbohidrat, gula, serat, lemak dan juga protein yang sangat baik guna menjaga kesehatan tubuh.

Selain itu peterseli juga memiliki berbagai kandungan vitamin, yakni vitmain C, vitamin K dan vitamin B kompleks yang juga sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Di dalam peterseli juga terkandung thiamin, riboflavin, folat, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium dan lain sebagainya.

Semua kandungan dari peterseli ini membuat tumbuhan ini menjadi salah satu tumbuhan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia.

7 Manfaat Daun Peterseli Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Petersili

via gemuese.ch

  1. Mencegah Kanker

Manfaat utama dari mengonsumsi daun peterseli adalah untuk mencegah kanker. Di dalam daun peterseli terdapat kandungan anti oksidan dan vitamin C yang sangat tinggi.

Kandungan ini sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah berkembangnya sel kanker di dalam tubuh.

Anti oksidan akan menguatkan dan memperbaiki sel tubuh yang rusak karena serangan dari zat radikal bebas. Sel tubuh akan terus diperbaiki oleh anti oksidan dan hal ini akan menekan sel kanker agar tidak berkembang di dalam tubuh.

Selain kandungan anti oksidan, peterseli juga memiliki kandugan flavonoid yang sangat tinggi.

Flavonoid sendiri dikenal dapat menangkal berbagai macam kanker agar tidak berkembang di dalam tubuh.

Kanker kulit, kanker payudara dan kanker prostat adalah jenis-jenis kanker yang tidak dapat berkembang jika rutin mengonsumsi peterseli secara rutin.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat peterseli berikutnya adalah untuk melindungi dan menjaga kesehatan jantung

Peterseli mengandung berbagai macam zat yang dapat menangkal dan menghancurkan homosistein

Homosistein sendiri adalah sejenis asam amino yang jika terkonsentrasi di dalam tubuh akan merusak pembuluh darah dan mengganggu fungsi dari jantung.

Dengan berkurangnya homosistein di dalam tubuh maka kinerja dari jantung akan semakin ringan dan dapat memompa darah ke seluruh tubuh dengan lebih optimal.

Selain manfaat di atas, peterseli juga kaya akan kandungan folat.

Folat yang ada di dalam tubuh akan mencegah masalah serangan jantung serta stroke. Dengan mengonsumsi daun peterseli secara rutin maka tubuh akan terhindar dari bahaya serangan jantung ataupun stroke yang dapat mengancam siapapun dan kapanpun.

  1. Mengatasi Diabetes

Manfaat daun peterseli yang berikutnya adalah untuk mengatasi masalah diabetes.

Daun peterseli dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah diabetes tipe 1 maupun tipe 2. Hal ini dikarenakan daun peterseli yang dikonsumsi secara rutin akan membantu mengatur gula darah menjadi lebih stabil.

Peterseli dapat dimanfaatkan dengan cara dibuat jus peterseli atau membuat ramuan dari rebusan daun peterseli.

Ramuan ini jika dikonsumsi secara rutin akan menurunkan gula darah secara drastis dan ini sangat baik bagi para penderita diabetes. Kandungan dari daun peterseli juga sangat baik untuk menstimulasi produksi insulin di dalam tubuh.

  1. Mengatasi Peradangan

Daun peterseli mengandung vitamin C dalam jumlah yang tinggi.

Selain itu, daun peterseli juga memiliki sifat anti inflamasi yang sangat baik untuk mengatasi masalah peradangan sendi, tulang maupun kulit.

Daun peterseli dapat dikonsumsi langsung, dibuat menjadi jus atau direbus untuk kemudian diminum airnya.

Berbagai penyakit seputar peradangan sendi dan tulang dengan mudah diatasi dengan mengonsumsi daun peterseli secara rutin setiap hari.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Di dalam daun peterseli terkandung vitamin C dan juga vitamin A yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Vitamin C dan vitamin A adalah dua vitamin yang dapat memproduksi anti oksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik lagi.

Peterseli sangat baik untuk dikonsumsi orang-orang yang rentan terhadap serangan penyakit musiman.

Dengan mengonsumsi daun peterseli secara rutin maka penyakit seperti flu, batuk dan demam dapat teratasi dengan mudah.

Konsumsilah peterseli sebagai jus atau bisa juga dibuat sebagai ramuan dengan cara direbus. Jika tidak mau repot maka bisa menambahkan peterseli ke dalam masakan yang akan dimakan.

  1. Menguatkan Tulang

Di dalam daun peterseli tidak hanya terkandung vitamin C dan vitamin A, tetapi juga terkandung vitamin K dalam jumlah yang cukup tinggi. Vitamin K sendiri dikenal sebagai vitamin yang sangat berperan dalam menjaga dan menunjang perkembangan tulang dan gigi.

Hal ini sangat baik untuk anak-anak yang sedang tumbuh atau orang tua yang rentan terhadap masalah kesehatan tulang.

Bagi anak-anak, mengonsumsi daun peterseli secara rutin akan membuat tumbuh kembang tulang mereka menjadi lebih optimal dan baik. Anak-anak yang rutin mengonsumsi jus peterseli akan memiliki postur yang lebih baik daripada anak yang tidak pernah mengonsumsi daun peterseli.

Daun peterseli yang dikonsumsi oleh orang tua juga sangat baik untuk menghindarkan diri dari gangguan tulang seperti osteoporosis atau pengeroposan tulang. Dengan rutin minum jus peterseli maka orang lanjut usia akan terhindar dari resiko osteoporosis dan gangguan tulang lainnya.

  1. Menghilangkan Bau Mulut Tidak Sedap

Hal ini sudah diketahui oleh banyak orang dan inilah sebabnya daun peterseli kerap kali dijadikan hiasan pada beberapa jenis makanan.

Ternyata penggunaan daun peterseli sebagai pelengkap makanan juga memiliki fungsi lain yakni sebagai penghilang bau mulut setelah makan.

Peterseli sendiri memiliki aroma dan rasa yang kuat sehingga sangat baik untuk menangkal bau mulut setelah memakan makanan yang berbau kuat seperti bawang, petai dan jengkol.

Jus peterseli yang dikonsumsi secara rutin setiap hari juga memiliki fungsi untuk menghilangkan bau mulut tidak sedap dalam jangka yang panjang.

Hal ini dikarenakan kandungan klorofil yang ada pada peterseli akan membersihkan perut agar tidak menghasilkan aroma kurang sedap di mulut.

***

Demikianlah artikelĀ 7 Manfaat Daun Peterseli dan Kandungannya dari FirasatMimpi.com; jangan sungkan untuk meninggalkan pertanyaan.

loading...
Baca Juga  4 Manfaat Xamthone Plus - Komposisi, Tempat Membeli, Harga

Leave a Reply