5 Manfaat Creatine Bagi Tubuh dan Efek Sampingnya

FirasatMimpi.com – 5 Manfaat Creatine Bagi Tubuh dan Efek Sampingnya

Akhir-akhir ini creatine sedang menjadi buah bibir bagi mereka yang menekuni dunia fitnes. Banyak orang yang menganggap creatine adalah sebuah jalan tercepat untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal.

Kalau dulu biasanya yang sering didengar hanyalah protein, tetapi seiring dengan berkembangnya dunia fitnes dan makin banyaknya penggemar body building, nama suplemen creatine pun jadi salah satu topik pembicaraan terhangat.

Namun apakah creatine benar-benar bermanfaat bagi tubuh? Silakan simak informasinya berikut ini.

Apa itu Creatine Monohydrate?

Manfaat Creatine

via www.mensfitness.com

Creatine adalah asam amino alami yang dihasilkan oleh beberapa bagian tubuh manusia seperti di pankreas, hati dan juga ginjal. Creatine biasanya tersimpan di dalam jaringan otot manusia yang nantinya akan digunakan oleh otot sebagai salah satu sumber energi dan juga mendukung pertumbuhan otot menjadi lebih optimal.

Selain dihasilkan alami oleh tubuh manusia, creatine juga bisa didapatkan dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Creatine banyak terkandung di makanan seperti ikan dan daging sapi. Daging ikan dan daging sapi mengandung creatine cukup tinggi yang akan mencukupi kebutuhan creatine harian.

Selain dapat dihasilkan oleh tubuh dan diperoleh dari bahan makanan hewani, creatine juga bisa didapatkan dari konsumsi suplemen. Dewasa ini di pasaran telah banyak produk suplemen creatine yang bisa digunakan untuk mendukung pertumbuhan otot menjadi lebih optimal. Dapatkan suplemen creatine di toko suplemen fitnes terdekat.

5 Manfaat Creatine Bagi Tubuh

Creatine Monohydrate

via www.muscleandstrength.com

Creatine adalah salah satu suplemen yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, terutama bagi orang-orang yang ingin meningkatkan massa otot.

Berikut adalah manfaatnya:

  1. Memberikan Kekuatan Tambahan

Salah satu manfaat dari mengonsumsi suplemen creatine secara teratur adalah meningkatnya kekuatan tubuh. Jika saat sedang melakukan aktivitas, olahraga atau latihan, tubuh terasa lemas dan gagal untuk mencapai tingkatan berikutnya, creatine bisa menjadi salah satu solusinya.

Baca Juga  7 Manfaat Daun Peterseli dan Kandungannya

Sebuah studi menyatakan bahwa konsumsi creatine secara rutin akan mendorong otot tubuh untuk menghasilkan phospocreatine lebih banyak. Phospocreatine sendiri sangat berguna untuk meningkatkan kekuatan tubuh dan akan memberikan dampak yang baik pada daya tahan tubuh saat digunakan untuk beraktivitas, melakukan latihan atau berolahraga.

Konsumsilah 2 hingga 3 gram suplemen creatine setiap hari secara rutin agar tubuh tidak terasa lemas dan tidak mudah lelah saat menjalankan aktivitas harian.

  1. Membantu Pembentukan Massa Otot

Tidak dapat dipungkiri jika orang-orang yang mengonsumsi creatine memang menginginkan otot yang lebih besar, padat dan berisi. Hal inilah yang menjadi dorongan terbesar bagi banyak orang untuk pergi ke gym atau mengonsumsi creatine secara rutin.

Mengonsumsi 2 hingga 3 gram creatine per hari akan membantu meningkatkan massa otot secara signifikan. Sebuah studi menguji beberapa peserta untuk mengonsumsi creatine selama beberapa minggu. Peserta yang rutin mengonsumsi 2 hingga 3 gram creatine per hari menunjukkan peningkatan massa otot 80% lebih banyak dari mereka yang tidak mengonsumsi creatine sama sekali.

Hal ini dikarenakan peserta yang mengonsumsi creatine mendapatkan massa otot dan juga kekuatan di dalam sel myogenic satellite. Hal ini sangat penting dalam proses pembentukan massa otot yang lebih baik dan optimal.

Inilah sebabnya banyak sekali olahragawan yang mengonsumsi creatine secara rutin setiap sebelum dan sesudah latihan.

  1. Meningkatkan Kemampuan Atletik Tubuh

Beberapa kelompok peneliti telah melakukan studi untuk mengetahui pengaruh creatine terhadap kemampuan atletik seseorang. Sebuah penelitian telah dilakukan pada seorang atlet lari. Atlet lari tersebut diminta untuk mengonsumsi creatine selama beberapa hari.

Dengan dosis yang tepat, di dalam tubuh atlet tersebut secara alami produksi creatine di dalam tubuhnya meningkat hingga mencapai 40% lebih banyak dari saat belum mengonsumsi creatine. Dengan begini performa dari sang atlet juga akan meningkat dengan sendirinya.

Baca Juga  7 Manfaat Oksigen Bagi Keberlangsungan Hidup - Sifat Kimia & Definisi

Hal di atas menjadi mungkin karena creatine membantu mencegah pembentukan asam laktat, asam laktat adalah asam yang dihasilkan oleh tubuh sehingga tubuh menjadi cepat lelah dan lemas.

Creatine juga sangat penting bagi otot karena di dalam otot creatine akan diubah menjadi creatine phospate yang akan meningkatkan metabolisme energi untuk menjadi molekul energi Adenosine Tri-Phospate atau ATP yang akan sangat bermanfaat bagi tubuh.

Selain itu, creatine yang dikonsumsi juga akan menjaga tingkat keasaman dari otot serta menekan terbentuknya ion hidrogen di otot yang menyebabkan otot menjadi lemah dan cepat lelah.

  1. Meningkatkan Produktivitas

Manfaat ini masih berhubungan dengan manfaat pertama dan kedua yang sudah dibahas di atas. Konsumsi creatine secara rutin ternyata juga sangat baik untuk meningkatkan produktivitas harian. Hal ini telah teruji secara klinis oleh seorang peneliti asal Inggris yang meneliti seorang atlet kayak yang mengonsumsi creatine secara rutin setiap hari.

Atlet kayak tersebut dapat melakukan latihan secara rutin setiap hari tanpa merasakan lelah yang berarti. Setelah latihan usai, ia masih bisa melakukan berbagai aktivitas rumah yang cukup menguras tenaga sang atlet. Dan hari si atlet ditutup dengan pergi ke gym untuk latihan dan membentuk otot menjadi lebih kuat.

Sang atlet pun tidak merasakan lelah yang berarti dan yang paling penting banyak pekerjaan dan aktivitas yang bisa ia lakukan di hari tersebut. Ia menjadi lebih produktif daripada hari-hari sebelumnya dimana ia belum mengonsumsi creatine setiap hari.

  1. Meningkatkan Konsentrasi dan Kemampuan Kognitif

Siapa yang menyangka jika suplemen yang biasa digunakan sebagai pendukung kegiatan pembentukan otot ternyata juga memiliki fungsi terhadap kemampuan otak. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa konsumsi creatine secara rutin ternyata berdampak sangat baik untuk meningkatkan fungsi otak dalam berkonsentrasi.

Untuk mendapatkan peningkatan dalam kinerja neurologis maka diharuskan untuk mengonsumsi creatine sebanyak 5 gram per hari secara rutin. Creatine akan bekerja dengan baik untuk mempercepat proses pengolahan informasi di dalam otak dan juga meningkatkan daya ingat.

Baca Juga  Kumpulan Doa Untuk Mimpi Buruk Menurut Islam

Selain itu, creatine yang dikonsumsi secara rutin juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif seseorang. Orang yang mengonsumsi creatine secara rutin akan mendapatkan nilai yang lebih baik dalam bidang akademis di sekolah maupun universitas dibanding dengan orang yang tidak mengonsumsi creatine sama sekali.

Creatine dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan daya ingat terutama jika sudah mendekati waktu ujian.

6 Efek Samping Creatine

Efek Samping Creatine

via proiron.ru

Creatine meskipun tergolong sebagai suplemen yang memiliki sifat alami tidak membuatnya menjadi aman 100% untuk dikonsumsi. Tetap ada dosis yang harus diperhatikan dan juga efek samping yang mungkin akan dialami oleh konsumen, antara lain:

  1. Konsumsi creatine dapat menyebabkan kebotakan karena meningkatnya DHT pada tubuh sang konsumen. Namun hal ini tidak menjadi masalah bagi konsumen yang memiliki rambut tebal dan kuat.
  2. Konsumsi creatine yang melebih dosis wajar dapat memicu terbentuknya sel kanker prostat. Imbangi konsumsi creatine dengan olahraga yang teratur dan makanan yang sehat agar terhindar dari masalah ini.
  3. Creatine tidak boleh dikonsumsi oleh anak di bawah usia 18 tahun.
  4. Creatine tidak boleh dikonsumsi oleh wanita hamil atau menyusui.
  5. Creatine tidak boleh dikonsumsi oleh penderita penyakit ginjal, hati dan diabetes.
  6. Konsumsi creatine yang berlebihan akan berakibat pada kenaikan berat badan, diare, masalah ginjal, mual dan lain sebagainya.

Kapan Waktu Yang Tepat Mengonsumsi Creatine?

Waktu Yang Tepat Mengonsumsi Creatine

via www.adelgazarrapidoweb.com

Waktu yang paling tepat untuk mengonsumsi creatine adalah pada 30 menit sebelum dan sesudah melakukan latihan fisik bagi para atlet atau bagi orang yang akan berolahraga.

Bagi yang bukan atlet atau yang hanya melakukan aktivitas harian biasa bisa mengonsumsi creatine setiap setelah sarapan dan sebelum tidur malam.

***

Demikianlah artikel 5 Manfaat Creatine Bagi Tubuh dan Efek Sampingnya dari FirasatMimpi.com; jangan sungkan berkomentar atau meninggalkan pertanyaan.

Sumber:

loading...

Leave a Reply