11 Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan dan Efek Sampingnya

FirasatMimpi.com – 11 Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan dan Efek Sampingnya

Susu kedelai adalah varian susu yang terbuat dari kedelai dan juga memiliki manfaat yang tidak kalah dari susu sapi ataupun susu lainnya. Susu kedelai dibuat menggunakan kacang kedelai dan berasal dari Tiongkok 1900 tahun yang lalu.

Susu kacang kedelai mempunyai kandungan gizi yang mirip dengan susu pada umumnya yakni: 3.5% protein, 2.9% karbohidrat, dan 2% lemak.

Berikut adalah manfaat dan efek samping dari susu kedelai bagi kesehatan tubuh.

11 Khasiat Susu Kedelai Bagi Kesehatan

Manfaat Susu Kedelai

via www.blenderbabes.com

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu masalah kesehatan yang banyak menghantui kaum pria adalah masalah jantung. Para ahli menganjurkan untuk melakukan diet rendah lemak jenuh juga sodium, serta tinggi protein untuk mencegah berbagai masalah jantung.

Susu kedelai adalah salah satu susu yang memiliki kadar kalori dan lemak yang rendah dan juga tinggi akan kandungan protein. Mengonsumsi susu kedelai secara rutin sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung anda.

  1. Pengontrol Tekanan Darah Tinggi

Kandungan yang seimbang antara lemak jenuh dan tak jenuh yang terdapat pada susu kedelai adalah salah satu hal yang dapat membantu mengontrol tekanan darah.

Susu kedelai juga mengandung vitamin E, B6 dan asam folat yang juga akan membantu mencegah terjadinya serangan jantung. Di dalam susu kedelai juga terkandung magnesium yang sangat baik untuk meminimalisir serangan darah tinggi.

  1. Mengurangi Kadar Kolesterol Dalam Darah

Kedelai mengandung anti oksidan dan juga isoflavon yang mampu menaikkan kadar HDL yang sangat baik bagi kesehatan jantung.

Kandungan lesitin pada kedelai dipercaya mampu menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat di dalam darah yang secara otomatis akan menjaga kesehatan tubuh dari serangan berbagai macam penyakit.

  1. Menekan Risiko Diabetes

Di dalam susu kedelai terkandung protein nabati yang mudah diolah oleh ginjal para penderita diabetes. Hal ini berbanding terbalik dengan protein hewani yang terkandung di dalam susu sapi, susu sapi sulit diolah oleh ginjal penderita diabetes. Di dalam susu kedelai terdapat zat gizi mikro yang dapat membantu menjaga kesehatan penderita diabetes tipe 2, yakni magnesium dan vitamin D.

Baca Juga  5 Manfaat Creatine Bagi Tubuh dan Efek Sampingnya

Dalam secangkir susu kedelai dapat mencegah seseorang menderita diabetes tipe 2, karena di dalam secangkir susu kedelai terkandung 8.6% magnesium dan 18% vitamin D. Dengan begini susu kedelai adalah salah satu makanan yang aman bagi penderita diabetes.

  1. Mencegah Masalah Tulang

Salah satu masalah yang paling ditakuti oleh masyarakat adalah pengeroposan tulang atau yang biasa dikenal sebagi osteoporosis. Penyakit ini biasanya menjangkit orang-orang yang telah lanjut usia dan kekurangan hormon.

Fitoestrogen yang terkandung di dalam kedelai akan membantu penyerapan kalium lebih cepat dengan begitu asupan kalsium akan terserap oleh tubuh dengan lebih cepat dan lebih optimal. Untuk mendapatkan manfaat yang optimal usahakan untuk mengonsumsi susu kedelai yang telah diperkaya dengan kalsium dan vitamin D tambahan.

  1. Menjaga Kesehatan Mental

Ada satu manfaat dari susu kedelai yang tidak banyak orang tau, manfaat ini yakni menjaga kesehatan mental. Susu kedelai akan membantu mengurangi risiko orang melakukan bunuh diri karena di dalam susu kedelai terkandung sejumlah zat gizi mikro yang memiliki manfaat untuk merawat kesehatan mental.

Di dalam secangkir susu kedelai terkandung 5.8% vitamin B6 yang berfungsi untuk menghasilkan serotonin neurokimia yang dapat meningkatkan suasana hati. Terdapat pula kadar magnesium di dalam susu kedelai yang akan meningkatkan tingkat serotonin yang memiliki manfaat yang hampir sama dengan obat anti depresi.

Baca Juga  7 Manfaat Oksigen Bagi Keberlangsungan Hidup - Sifat Kimia & Definisi

Kandungan vitamin D di dalam susu kedelai juga berfungsi untuk mencegah gangguan kesehatan mental dan depresi yang sering menyerang orang-orang dengan tekanan hidup yang tinggi.

  1. Rendah Kalori dan Baik Untuk Diet

Kandungan kalori yang terkandung di dalam susu kedelai sangat rendah hanya sekitar 45 kalori dalam setiap 100 ml susu kedelai. Untuk anda yang sedang memiliki program diet, bisa mencoba untuk minum susu kedelai sebagai asupan nutrisi harian rendah kalori anda.

Di dalam susu kedelai juga tidak terdapat lemak yang membuat minuman ini sangat cocok bagi anda yang sedang berdiet.

  1. Mencegah Kanker Prostat

Di dalam susu kedelai terkandung zat fitoestrogen yang adalah hormon tanaman yang yang akan menghambat produksi dari hormon testosteron pada laki-laki.

Kadar testosteron yang berkurang dan menjadi stabil dapat mengurangi risiko dari kanker prostat. Pria yang mengonsumsi susu kedelai secara rutin maka akan memiliki risiko terserang kanker prostat lebih kecil.

  1. Kaya Akan Nutrisi Yang Baik Bagi Kesehatan

Di dalam susu kedelai terkandung kalori yang rendah dan juga tinggi akan protein nabati yang baik bagi kesehatan tubuh. Susu kedelai juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat banyak, dalam secangkir susu kedelai terkandung 8 gram karbohidrat, 1 gram serat dan 7 gram protein.

Dengan mengonsumsi susu kedelai secara rutin maka tubuh akan menjadi lebih sehat dan terhindar dari serangan berbagai macam penyakit.

  1. Mencegah Sindrom Post Menopause

Saat seorang wanita memasuki masa menopause, produksi hormon estrogen pada para wanita akan mengalami penurunan yang drastis. Hal inilah yang menyebabkan berbagai macam gangguan pada masa tua seorang wanita. Wanita pada masa menopause akan sangat rentan terkena berbagai macam penyakit seperti liver, diabetes dan juga obesitas.

Pada masa usia menopause para wanita juga akan rentan mengalami depresi, perubahan mood yang drastis, insomnia atau susah tidur dan berbagai gangguan psikologis lain. Mengonsumsi susu kedelai secara rutin akan membantu menggantikan peran hormon estrogen pada wanita lanjut usia. Dengan mengonsumsi susu kedelai secara rutin maka akan terhindar dari sindrom post menopause.

  1. Mengatasi Masalah Alergi Laktosa

Susu kedelai tidak mengandung laktosa di dalamnya karena terbuat dari bahan nabati. Beberapa orang memiliki alergi terhadap susu sapi karena di dalam susu sapi terkandung laktosa. Kondisi seperti ini sering disebut dengan intoleransi laktosa, dan hal ini terjadi karena si penderita memiliki enzim lactase yang sangat terbatas di dalam tubuh.

Baca Juga  6 Manfaat Hukum Bagi Indonesia - Pengertian, Jenis, Tujuan

Penderita intoleransi laktosa saat mengonsumsi susu sapi akan mengalami mual, muntah, diare atau gejala sakit perut sejenisnya.

Susu kedelai juga aman untuk dijadikan sebagai pengganti susu sapi pada balita yang sedang memerlukan banyak protein untuk tumbuh kembangnya.

4 Efek Samping Susu Kedelai Bagi Kesehatan

Efek Samping Susu Kedelai

via www.newhealthadvisor.com

  1. Menyebabkan Kembung

Karena di dalam susu kedelai terkandung protein yang tinggi maka susu kedelai dapat menyebabkan meningkatnya produksi gas dalam perut dan hal ini akan menyebabkan rasa kembung di perut.

  1. Menyebabkan Alergi Kedelai

Bagi orang yang memiliki alergi kedelai maka saat mengonsumsi susu kedelai mereka akan mengalami muntah, mual, gatal-gatal dan lain sebagainya. Susu kedelai harus dihindari bagi anda yang memiliki alergi kedelai.

  1. Menyebabkan Gangguan Tiroid

Di dalam susu kedelai terkandung goitrogens yang dapat mengakibatkan gangguan pada penyerapan yodium dan memberikan efek pada membesarnya kelenjar tiroid pada tubuh.

  1. Menyebabkan Kekurangan Nutrisi

Karena proses pembuatan susu kedelai tidak melalui proses fermentasi maka susu kedelai memiliki banyak kandungan asam fitat yang akan mencegah penyerapan vitamin esensial dan juga mineral penting di dalam tubuh.

***

Demikianlah artikelĀ 11 Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan dan Efek Sampingnya dari FirasatMimpi.com; jangan sungkan untuk berkomentar atau meninggalkan pertanyaan.

Sumber:

loading...

Leave a Reply