6 Manfaat Hukum Bagi Indonesia – Pengertian, Jenis, Tujuan

FirasatMimpi.com – 6 Manfaat Hukum di Indonesia – Pengertian, Macam-Macam, Tujuan

Pengertian hukum secara umum adalah sebuah sistem yang berupa peraturan norma dan sanksi yang diciptakan untuk mengatur tingkah laku dari setiap individu manusia. Tujuan hukum adalah diciptakan untuk menjaga keadilan, ketertiban, keamanan dan menghindarkan dari terjadinya kekacauan.

Hukum merupakan salah satu sistem terpenting dalam tatanan hidup masyarakat untuk menjaga kelancaran di berbagai aspek seperti aspek sosial, politik dan juga ekonomi. Hukum akan mencegah individu untuk melakukan tindakan yang akan merugikan diri sendiri dan orang lain. Melalui hukum pula tatanan hidup yang lebih teratur dapat tercipta di tengah masyarakat yang majemuk.

Di Indonesia sendiri sistem hukum yang dianut merupakan turunan dari beberapa sistem hukum yang telah mapan. Hukum Eropa, hukum agam dan hukum adat dipersatukan guna menjaga kehidupan masyarakat tetap aman. Hukum Eropa di Indonesia mengakar sejak masa kolonial Belanda, hukum perdata dan pidana banyak yang menganut dari hukum Eropa.

Karena di Indonesia mayoritas penduduknya adalah muslim maka hukum agama islam atau hukum syariat lah yang paling kental di Indonesia. Hukum syariat banyak mengatur tentang perkawinan dan warisan. Sedang hukum adat di Indonesia juga masih cukup terasa di beberapa wilayah Indonesia.

3 Jenis Hukum Yang Berlaku di Indonesia

Jenis Hukum

via www.galperinlegal.com

Hukum sendiri masih dapat dibagi ke dalam beberapa bidang yang memiliki perbedaan dalam aspek-aspeknya. Secara garis besar hukum dibagi menjadi 3 bidang yakni hukum pidana, hukum perdata dan juga hukum acara.

  • Hukum Pidana

Hukum pidana adalah hukum yang mengatur segala tindak pelanggaran undang-undang di bidang pidana. Tindak kejahatan di bidang pidana akan dikenakan sanksi pidana tertentu sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

Tindakan yang dilarang menurut hukum pidana jumlahnya banyak sekali, diantaranya adalah pembunuhan, pencurian, perampokan, pemerkosaan, korupsi, tindakan aniaya dan lain sebagainya. Keberadaan hukum pidana sangatlah penting dalam tatanan hidup masyarakat.

Baca Juga  6 Manfaat Mempelajari Ilmu Filsafat Bagi Kehidupan Manusia

Hal ini dikarenakan hukum pidana mengatur banyak sekali tindak kriminal yang dapat merugikan banyak orang. Negara adalah lembaga yang berkewajiban untuk menindak dan merehabilitasi para pelanggar pidana.

  • Hukum Perdata

Hukum perdata adalah suatu hukum yang diatur untuk menjaga hak-hak dari setiap individu manusia. Hak-hak setiap individu diatur dengan sangat jelas di dalam kitab undang-undang hukum perdata.

Hukum perdata melindungi subjek hukum dari berbagai macam pelanggaran perdata yang dapat menimpa. Subjek hukum dari hukum perdata sendiri tidak hanya seorang individu saja melainkan badan hukum juga dapat menjadi subjek yang dilindungi dalam hukum perdata.

Secara singkat hukum perdata dapat diartikan sebagai kaidah-kaidah yang mengatur hubungan antara subjek hukum yang satu dengan yang lainnya, kaidah ini berlaku secara kekeluargaan namun tetap berkekuatan hukum.

  • Hukum Acara

Hukum acara adalah sebuah tatanan hukum yang lebih kompleks dari hukum pidana dan perdata. Hukum acara adalah hukum yang mengatur segala sesuatu agar hukum materiil dapat ditegakkan. Hukum ini juga disebut sebagai hukum formil atau hukum formal.

Untuk menegakkan hukum materiil maka diperlukan hukum acara untuk mengatur bagaimana dan siapa yang berwenang untuk menegakkan hukum tersebut.

5 Manfaat Hukum Bagi Keberlangsungan Negara Indonesia

Manfaat Hukum

via www.openaccesslawcanada.ca

  1. Menciptakan Ketertiban di Tengah Masyarakat

Fungsi hukum yang pertama adalah untuk menciptakan ketertiban di tengah masyarakat. Tanpa adanya hukum tentu saja kehidupan masyarakat menjadi tidak tenang karena tindak kejahatan, ketidakadilan dan penindasan dapat terjadi kapanpun dan dimanapun. Hal ini membuat stabilitas suatu negara menjadi terganggu karena masyarakatnya banyak yang merasakan ketidakamanan dalam hidupnya.

Baca Juga  11 Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan dan Efek Sampingnya

Hukum dirumuskan di dalam undang-undang untuk mengatur dan menjaga ketertiban di tengah masyarakat. Negara yang memiliki hukum kuat akan membuat negara tersebut menjadi stabil dan masyarakatnya mendapatkan kenyamanan di dalam hidup dan tidak merasa was-was dalam kehidupannya setiap hari.

  1. Mencegah Individu dari Melakukan Tindak Kejahatan

Manfaat hukum berikutnya adalah untuk mencegah indvidu dari melakukan tindak kejahatan. Bisa dibayangkan bagaimana keadaan negara yang tidak ada norma hukum di tengah masyarakatnya. Pembunuhan, perampokan, pemerkosaan dan korupsi dapat terjadi dimana-mana tanpa ada otoritas yang akan menangani masalah ini.

Oleh karena itu hukum di sini berperan penting untuk mencegah individu melakukan tindak kejahatan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. Hal ini sangat penting karena dengan adanya hukum dan undang-undang yang jelas banyak orang yang menjadi takut untuk melakukan tindak kejahatan dan memilih untuk mengurungkan niatnya.

Di negara-negara dengan hukum yang tegas, banyak warganya menjadi takut untuk berbuat kejahatan dan lebih memilih untuk menaati peraturan yang ada. Kedisiplinan dalam hukum memang harus dipaksakan, jika tidak maka kejahatan akan berkembang dengan sangat cepat.

  1. Menjaga Tatanan Kehidupan di Tengah Masyarakat

Tatanan kehidupan di tengah masyarakat haruslah selalu dijaga. Hal ini membuat masyarakat menjadi lebih tenang dan betah tinggal di suatu tempat. Jika tatanan hukum di suatu daerah tidak ditegakkan dengan benar maka stabilitas dari masyarakat yang tinggal di daerah tersebut akan terganggu dan dapat menyebabkan ketidakmakmuran di daerah tersebut.

Tatanan kehidupan di tengah masyarakat biasanya masih mengakar pada norma atau hukum adat yang berlaku di daerah tersebut. Hal ini cukup efektif mengingat hukum adatlah yang tumbuh dan berkembang di tengah masyarakat suatu daerah sehingga akan terasa lebih mudah untuk ditaati.

Baca Juga  4 Manfaat Xamthone Plus - Komposisi, Tempat Membeli, Harga

Daerah yang memiliki hukum adat yang kuat akan terasa lebih aman dan nyaman daripada daerah tanpa hukum adat yang kuat. Dengan kuatnya hukum di tengah tatanan masyarakat maka stabilitas negara dapat terjaga dengan baik.

  1. Membuat Jera Para Pelanggar Hukum

Para pelaku tindak kejahatan tidak akan merasa jera jika tidak ada hukum yang berlaku untuk mengadili mereka. Para pelaku tindak kejahatan harus dihukum dengan hukum yang berat dan setara dengan tindak kejahatan yang telah dilakukan.

Dengan tegasnya sanksi hukum yang didapat maka memungkinkan para pelaku kejahatan ini untuk bertobat dan jera. Jika banyak para pelanggar hukum yang jera maka tingkat kriminalitas suatu negara dapat ditekan dan negara menjadi lebih aman, jauh dari tindak kriminal yang menghantui masyarakat.

Para pelaku tindak kejahatan diharapkan dapat kembali ke tengah masyarakat untuk kembali berkarya di jalan yang benar dan tidak akan kembali melakukan tindak kejahatan lagi.

  1. Mengatur Ekonomi Negara Menjadi Lebih Stabil

Hukum ternyata juga memiliki peranan penting dalam menjaga stabilitas ekonomi suatu negara. Negara dengan hukum yang kuat dan tegas akan membuat warganya menjadi takut untuk melanggar hukum.

Salah satu pelanggaran hukum yang menyangkut masalah ekonomi adalah korupsi. Korupsi sangat merugikan di bidang ekonomi suatu negara. Hukuman yang tegas dalam tindak pidana korupsi ternyata berdampak sangat baik pada stabilitas ekonomi suatu negara.

Hal ini dikarenakan para pejabat tingginya tidak berani melakukan korupsi yang akan merugikan negara. Sanksi tegas haruslah ditegakkan untuk para koruptor agar jera.

Sumber:

loading...

Leave a Reply